Blog

​Tertarik Bekerja Dengan Komputasi Awan? Perhatikan Industri Pekerjaan Berikut

Diterbitkan tanggal 7 June 2016 oleh rafli

Komputasi awan menjadi salah satu subsektor di industri teknologi yang mengalami kemajuan tercepat pengadopsiannya. Berbagai industri lain perlahan mulai mengadopsinya, menjadikan inovasi terus bergulir dan kerap memberikan rasa penasaran bagaimana model implementasinya di masa mendatang.

Teknologi komputasi awan diprediksi semakin berkembang mengikuti kebutuhan industri di berbagai bidang. Kamu yang tertarik bekerja dengan teknolgi komputasi awan perlu memperhatikan beberapa industri ini selain kamu tentunya harus mempersiapkan kelengkapan CV yang baik untuk terjun ke dunia kerja.

CloudAcademy merangkum jajaran industri yang akrab dengan komputasi awan untuk mengantisipasi minat Anda terhadap tren teknologi terkini.

Startup

Tidak ada yang menyangkal bahwa startup (perusahaan rintisan berbasis teknologi) menjadi contoh umum yang idealnya menggunakan layanan komputasi awan. Alasannya, karena mereka membangun segalanya dari awal. Dan pada umumnya, mereka juga merupakan perusahaan yang menawarkan jasa dan produk secara virtual. Sehingga kecenderungan untuk mengadopsi cloud sangatlah lebih memungkinkan daripada perusahaan manufaktur yang membutuhkan banyak perangkat fisik.

Tidak melupakan juga faktor keuangan yang terjangkau untuk berinvestasi di cloud. Tak butuh membeli perangkat baru, startup dapat merasakan dan menjalankan server virtual yang dapat diandalkan sesuai bisnisnya. KilatVM sendiri banyak dimanfaatkan startup tanah air untuk menjalankan roda bisnisnya.

Perusahaan IT / Layanan berbasis web

Pemahaman mereka atas teknologi jelas melihat celah yang menjanjikan di atas awan. Terbiasa dan mampu meramalkan tren teknologi, perusahaan-perusahaan teknologi yang memang memiliki pemahaman fundamental dan sumber daya yang matang untuk mengadopsinya.

Skalabilitas yang mendorong efisiensi juga dinilai sebagai alasan yang sangat masuk akal. Seperti startup, perusahaan seperti ini membutuhkan kinerja server yang mampu melayani ribuan pengguna secara bersamaan, namun tetap fleksibel dalam prosesnya.

Seperti CloudKilat sebagai perusahaan cloud hosting, infrastruktur tercanggih dan inovasi telah menjadi darah di dalam daging sebagaimana CloudKilat beroperasi sehari-hari. Keahlian yang ditawarkan terpercaya mampu mengiringi bisnis yang ingin menuju ke ranah komputasi awan untuk pertama kalinya.

Sains dan kesehatan

Di industri ini, mungkin implementasi cloud tidak sebesar yang dijalankan pada startup atau perusahaan-perusahaan teknologi. Namun progres menuju ke arah yang lebih baik, kepentingan operasional dan manajemen data tetap membutuhkan cloud untuk bisa diakses secara segera di manapun dan kapanpun. Karena membangun data center untuk memproses analisis wabah penyakit, DNA, ramalan cuaca, bahkan penjelajahan luar angkasa adalah perhatian yang tidak tepat guna dan mengalihkan pemecahan masalah yang berarti.

Retail dan manufaktur

Kembali ke urusan skalabilitas, komputasi awan mendorong secara signifikan kekuatan pelaporan dan pengumpulan data transaksi untuk kepentingan analisis secara real-time. Sehingga dengan begitu, pelayanan terhadap konsumen mereka dengan mengandalkan hasil riset dan data yang membaca perilaku belanja, akan turut terdongkrak dan menggaet lebih banyak konsumen.

Tags: cloud hosting, cloud computing