Blog

Pentingnya Backup Data Bagi Perusahaan

Diterbitkan tanggal 21 February 2020 oleh admin

Data adalah catatan hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Data merupakan bentuk jamak dari datum. Diihat dari sudut pandang bisnis, data merupakan hal yang penting karena menyimpan informasi dari sesuatu hal atau data transaksi.

Bagi perusahaan, data bersifat esensial yang seharusnya aman disimpan, dikelola, tanpa perlu mencemaskan kerusakan atau bahkan hilangnya data. Di tahun 2019 menurut sumber survey tahunan global Acronis terdapat 65% pengguna perangkat mobile atau PC melaporkan kasus kehilangan data dikarenakan diri sendiri atau anggota keluarga yang menyebabkan data penting hilang, serta 23% pebisnis mengalami hal yang sama hingga berakibat kepada downtime.

Backup data bagi perusahaan harus lebih diperhatikan dan menjadi suatu hal yang serius jika ditinjau dari kebiasaan pengguna melakukan backup. Kesadaran tentang ancaman siber dan pengalaman soal kehilangan data perlu ditingkatkan lagi. Solusi backup diperlukan untuk menghilangkan risiko terjadinya kehilangan data.

Data Bisa Hilang Sewaktu-waktu

Tidak berniat menakut-nakuti, data perusahaan bisa hilang kapan saja tanpa pernah bisa diprediksi sebelumnya. Data yang ada pada workstation, harddisk PC, dan penyimpanan lainnya bisa saja hilang saat terjadi gangguan atau terserang virus. Terlebih dengan perangkat mobile seperti laptop atau smartphone bisa saja hilang atau dicuri dan data penting Anda ada di sana semua. Backup data satu-satunya cara untuk mendapatkan data Anda kembali.

Rentan dari Ancaman Serangan Siber

Teknologi sekarang ini semakin maju dan berkembang. Ancaman siber juga bermacam modelnya. Backup data menjadi solusi dari ancaman serangan siber seperti virus, malware, hackers yang menyerang website Anda. Backup data secara berkala ke tempat yang aman sehingga keamanan data terjamin.

Terlepas dari Risiko Bencana

Selain dari ancaman serangan siber, solusi backup data juga bisa terhindar dari bencana alam yang sewaktu-waktu mengancam. Data penting pada PC, komputer server bisa diselamatkan dan nantinya dipulihkan saat ingin digunakan kembali. Bencana yang tidak diinginkan seperti kebakaran, kebanjiran, dan lainnya tidak bisa diperkirakan mengancam data penting Anda yang tentunya bisa didapatkan kembali jika menggunakan layanan backup.

CloudKilat memiliki layanan backup data yaitu Kilat Backup. Kilat Backup memberikan perlindungan data secara menyeluruh. Layanan backup ini bisa melindungi data mulai dari server virtual yang di dalamnya terdapat website atau aplikasi. Selain itu, juga dapat melindungi data email bisnis, hingga data penting lainnya yang ada pada PC, tablet, dan perangkat mobile. Kilat Backup yang didukung oleh Acronis terbukti sebagai teknologi backup paling mutakhir di dunia saat ini.

Tags: Kilat Backup, Backup Data, Backup as a Service