Blog

Pemanfaatan Teknologi Komputasi Awan Pada UMKM

Diterbitkan tanggal 6 April 2023 oleh Icha

Pemanfaatan teknologi komputasi awan diperlukan oleh para pelaku bisnis untuk terus mengikuti kebutuhan pasar yang dinamis. Diperlukan infrastruktur IT untuk website bisa berjalan optimal. Untuk Anda yang memiliki website berskala kecil atau menengah dan membutuhkan peningkatan-peningkatan dari segi keamanan, skalabilitas, serta performa namun tetap dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menggunakan VPS (Virtual Private Server) sebagai solusinya.

Sebelum hadirnya VPS, pelaku bisnis kecil menengah memiliki akses yang terbatas untuk sumber daya IT. Mulai dari pengadaan server yang membutuhkan biaya yang besar, dan tenaga ahli IT di lokasi server tersebut. Alhasil, investasi yang dialokasikan untuk teknologi tersebut berakhir pada hal-hal yang mendasar saja, dan para pelaku bisnis kecil menengah ini kesulitan untuk bersaing dengan kompetitor mereka yang lebih besar. Dengan hadirnya VPS, usaha kecil menengah kini memiliki peluang yang sama untuk bersaing di pasar Indonesia.

VPS adalah satu perangkat fisik komputer server yang berfungsi sebagai beberapa virtual server terpisah, didedikasikan untuk satu orang saja dan tidak berbagi resource (CPU, RAM, dll) dan data dengan pada pengguna lain.

Beberapa keuntungan menggunakan VPS, antara lain:

1. Keamanan lebih baik
VPS menyediakan keamanan yang lebih baik daripada shared hosting karena setiap pengguna memiliki area server masing-masing dan dapat mengatur konfigurasi keamanannya sendiri.

2. Skalabilitas mudah
VPS memungkinkan usaha kecil menengah untuk memulai dengan kapasitas kecil dan meningkatkan kapasitas server secara bertahap seiring pertumbuhan usaha. Hal ini memungkinkan pengeluaran modal yang lebih rendah di awal dan fleksibilitas untuk memperluas kapasitas saat diperlukan.

3. Kontrol penuh
VPS memungkinkan penggunanya untuk mengatur dan mengkonfigurasi server mereka sendiri, seperti memilih sistem operasi dan software yang akan diinstal, menjalankan aplikasi tertentu, dan mengoptimalkan performa server.

4. Biaya yang lebih terjangkau
Dibandingkan dengan membeli server fisik atau menyewa ruang server di data center, biaya sewa VPS lebih terjangkau dan fleksibel karena biasanya dibayar berdasarkan penggunaan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

5. Dukungan teknis yang tersedia setiap saat
Banyak penyedia VPS menyediakan dukungan teknis yang berkualitas untuk membantu pengguna dalam memecahkan masalah teknis atau menjawab pertanyaan.

Dengan demikian, penggunaan VPS dapat memberikan keuntungan besar tidak hanya bagi usaha kecil menengah, melainkan juga untuk blog, website, maupun online shop, mulai dari fleksibilitas biaya dan skalabilitas, hingga keamanan yang lebih baik.

Lalu layanan VPS apa yang dapat direkomendasikan kepada para pegiat bisnis di Tanah Air? Para pelaku bisnis Tanah Air dapat menggunakan Kilat VM 2.0 yang merupakan layanan komputasi awan terbaik untuk UMKM. Kilat VM 2.0 merupakan layanan VPS dari penyedia layanan komputasi awan kenamaan yakni CloudKilat. Layanan VPS ini memiliki berbagai macam keunggulan, antara lain kestabilan performa, kecepatan proses data, dan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kilat VM 2.0 ditenagai oleh penyimpanan Full SSD, teknologi virtualisasi KVM, serta prosesor Intel Xeon Scalable, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menjalani bisnis digital. Kilat VM 2.0 ditujukan kepada pelanggan di Indonesia, khususnya untuk para web developer, bisnis perorangan, UMKM, dan startup. Tujuannya adalah bisa membantu transformasi digital ke arah yang lebih baik.

Pemesanan Kilat VM 2.0 dapat dilakukan dengan sangat mudah, hanya dengan mengunjungi website CloudKilat, pelanggan bisa langsung mengklik berlangganan untuk masuk ke portal CloudKilat. Kilat VM 2.0 didukung oleh tim teknis yang berpengalaman dan tersedia 24/7 untuk menjawab segala pertanyaan dari pelanggan, serta membantu pelanggan pada setiap masalah teknis yang dihadapi. Kilat VM 2.0 pilihan tepat untuk UMKM. Berlangganan sekarang juga!

Tags: komputasi awan, cloud computing, teknologi komputasi awan, cloud computing technology, UMKM, SME, cloud computing for SME, Kilat VM 2.0, CloudKilat