Blog

​Mengenal Web Hosting Panel Plesk [Bagian 1]

Diterbitkan tanggal 3 June 2016 oleh michael

Bagi yang akrab dengan web hosting Indonesia dan segala macam yang terkait. Tentu pernah mendengar manajemen web hosting atau kontrol panel dalam bentuk grafis. Jika kalian akrab dengan cPanel, maka Plesk bukanlah hal yang sulit dikenali. Berikut kami ceritakan sedikit tentang Plesk.

Plesk adalah program otomatisasi web hosting komersil yang didesain di Russia, dan dirilis atas nama Plesk Inc. berbasis di Amerika Serikat. Pada tahun 2003 SWSoft mengakuisisi Plesk, dan di tahun 2008 SWSoft mengganti namanya menjadi Parallels. Tahun lalu (2015), Parallels melakukan rebranding entitas bisnis penyedia layanan mereka menjadi Odin.

Pengguna Plesk bisa melakukan pengaturan dan mengkonfigurasi website mereka dengan cepat melalui tampilan antarmuka grafis yang sangat bersih, nyaman, dan bersahabat. Selain hadir dalam berbagai sistem operasi (khususnya Windows), Plesk sangat ideal untuk sebuah dedicated server dengan segala kebutuhannya yang dapat difasilitasi secara handal.

Memanfaatkan Plesk, server administrator dapat membangun website, akun reseller untuk layanan web hosting, akun email, membuat sub domain, mengelola sertifikasi SSL, tugas terjadwal, entri DNS, dan banyak hal lainnya melalui tampilan antarmuka secara mudah.

Dengan stabilitas dan keandalan yang dijanjikan, Plesk diklaim dapat melayani ribuan akun tiap server yang juga dipersenjatai dengan keamanan kelas tinggi demi menjaga data para penggunanya jatuh di tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Panel kontrol Plesk dapat dengan mudah mengintegrasikan aplikasi e-commerce, layanan pesan instan, bulletinboard, aplikasi pembaruan otomatis, manajemen migrasi, layanan manajemen konten (CMS) seperti Wordpress, dan lain sebagainya.

Singkatnya, Plesk tidak jauh berbeda dengan cPanel, namun dengan pemuktahiran fitur terbaik yang melingkupi di dalamnya adalah tampilan antarmuka, keamanan, dan kemampuan tambahannya yang mengizinkan pengguna menjalani sistem reseller layanan web hosting.

Untuk mengetahui perbedaannya dengan cPanel, kami akan membahasnya dalam kesempatan yang lain.

Tags: plesk, web hosting automation, control panel