Blog

Mengapa Harus Migrasi ke Cloud?

Diterbitkan tanggal 23 March 2021 oleh michael

Mengadopsi teknologi komputasi awan (cloud computing) menjadi hal yang penting untuk perkembangan bisnis yang lebih cepat namun tetap fleksibel. Entitas bisnis di era ini dituntut untuk bersaing dengan perusahaan berbasis teknologi (startup) yang secara natural telah akrab dengan teknologi terkini termasuk komputasi awan. Untuk tetap berada di jalur kompetisi, maka perusahaan/bisnis non-teknologi pun harus tetap beradaptasi dengan menggunakan teknologi yang sama; yakni mengaopdsi komputasi awan.

Untuk menjawab pertanyaan mengapa harus menggunakan cloud, biasanya adalah karena untuk melakukan pembaruan dan meninggalkan teknologi yang sebelumnya telah atau akan segera usang; entah itu infrastruktur, sistem operasi, ataupun aplikasi.

Menjaga dan mengelola hal tersebut tidaklah murah dan dilakukan dengan semalam saja. Lalu untuk menjawab tantangan tersebut, keberadaan cloud computing hadir sebagai antitesis dari infrastruktur on-premise yang biasa digunakan.


Cloud menawarkan kemudahan dan manfaat seperti:


Harga yang cenderung terjangkau

Tanpa biaya di muka dan pengelolaan yang dibayarkan tergantung seberapa besar resource yang dibutuhkan, menjadikan cloud jauh lebih unggul dibandingkan Anda mengelola server fisik sendiri di on-premise. Di CloudKilat misalnya, satu virtual machine termurah bisa didapatkan dengan harga Rp 90.000 saja untuk per bulan.


Performa lebih tinggi, lebih kokoh, dan fleksibel
Anda dapat dengan mudah menambahkan virtual machine, mengupgrade resource, ataupun melakukan konfigurasi semua tersedia dalam satu portal online yang bisa diakses dari mana saja.


Aman, dan membuat Anda lebih tenang

Di CloudKilat memiliki jajaran tim support khusus yang mendedikasikan waktunya untuk membantu keluhan dan pertanyaan dari para pelanggan selama 24/7/365. Tim ini terdiri dari para ahli yang siap dibutuhkan kapanpun dan di mana pun.


Solusi backup yang beragam

Infrastuktur berbasiskan komputasi awan biasanya bisa hadir dengan on-server backups, off-server backups, offsite backups, dan pilihan disaster recovery. Bahkan jika keseluruhan isi virtual machine Anda hilang sepenuhnya, akan selalu ada salinan yang bisa mengembalikannya seperti sediakala sebagai penanggulangan bencana seperti bencana alam besar, atau pun peretasan. Anda juga bisa menambahkan lapisan keamanan tambahan pada virtual machine dengan layanan Kilat Backup yang merupakan solusi menyeluruh perlindungan data untuk Anda.

Tags: kilat vm, kilat backup, virtual machine, cloud migration, cloud hosting