Blog

Menengok Antusias Peserta Bootcamp Linux System Administrator KLiM 2018

Diterbitkan tanggal 6 April 2018 oleh admin

Komunitas GNU/Linux Malang (KLiM) sukses menyelenggarakan Workshop & Bootcamp Linux System Administrator 2018. Rangkaian kegiatan yang diadakan mulai pertengahan Februari hingga akhirnya menuju Bootcamp pada tanggal 30, 31 Maret dan 1 April 2018 ini diselenggarakan di Werkudara Café, Malang, Jawa Timur. Para peserta antusias mengikuti serangkaian acara yang merupakan agenda baru dari KLiM.

Workshop & Bootcamp Linux System Administrator diharapkan dapat membuka wawasan peserta tentang Linux dalam pemanfaatannya di dunia industri serta turut menyukseskan program Indonesia Go Open Source. Lebih lanjut, CloudKilat sebagai salah satu sponsor yang juga hadir di acara tersebut sempat berbincang dengan Ketua KLiM, Ahmad Rifai, dia berkomentar tentang berlangsungnya acara Bootcamp. “Minatnya cukup besar, sebagian besar dari peserta masih pemula, belum ada ketertarikan, namun dari workshop dan bootcamp inilah mereka kita asah kemampuan. Hal ini penting dilakukan untuk mengasah kemampuan karena memang pada dasarnya manajemen keseluruhan server ada pada System Administrator,” kata Rifai.

Tujuan lainnya diadakan acara tersebut yaitu selain selain untuk mengenalkan Linux sebagai sistem operasi open source yang mudah dan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, juga mencari kader-kader SysAdmin Linux yang andal dan dibutuhkan perusahaan-perusahaan.


Bootcamp KLiM 2018


Workshop Bertahap

Bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas GNU/Linux Malang (KLiM) ini berupa training atau workshop yang dilakukan secara bertahap. Setiap peserta belajar mengenai bagaimana cara membangun sebuah server dari awal hingga server dapat digunakan serta melakukan administrasi terhadap sistem tersebut.


Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu Road to Bootcamp; berupa workshop yang dilaksanakan 4 kali, membahas dasar-dasar administrasi sistem Linux untuk masing-masing distro pada tiap pertemuan, dan satu pertemuan membahas satu distro Linux. Kemudian tahap Bootcamp dilaksanakan selama 3 hari secara berturut-turut, membahas materi meliputi fundamental sampai advance untuk menjadi seorang Linux System Administrator.


Bootcamp KLiM 2018



Komunitas GNU/Linux Malang (KLiM) merupakan wadah berkumpul para pengguna, pecinta, pemerhati, dan pengembang GNU/Linux dan Open Source di lingkungan Malang Raya, Jawa Timur, Indonesia. Komunitas KLiM yang dibentuk pada akhir tahun 2017 ini memiliki semangat untuk saling berbagi dan berkolaborasi bersama masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Malang Raya, khususnya dalam bidang FLOSS.


Setelah sukses mengadakan acara Workshop dan Bootcamp, KLiM berencana mengadakan acara workshop yang lebih terkesan santai yaitu “Ngedabrus”, bincang-bincang biasa namun bermanfaat. Bagi para pengguna, pecinta, dan pengembang GNU/Linux dan Open Source di Malang, KLiM memiliki website klim.or.id yang bisa dikunjungi untuk mendapat informasi antara lain agenda, blog, serta tombol untuk bergabung ke dalam grup Telegram.


Bootcamp KLiM 2018

Tags: KLiM, Komunitas Linux Malang