Blog

Memanfaatkan Storage di Cloud Untuk Bisnis Anda

Diterbitkan tanggal 26 April 2021 oleh michael

Setahun pasca pandemi di Indonesia, memaksa berbagai industri untuk mengadopsi konsep remote (bekerja/belajar) dari rumah menjadi lebih cepat. Di industri kesehatan, proses dokumentasi secara digital kini menjadi sebuah kewajiban. Sementara di industri pendidikan, kini kegiatan belajar-mengajar menjadi serba virtual.

Aset digital dan ruang penyimpanan membludak dengan besarnya data yang kini tersimpan, mendorong adanya manajemen pengelolaan basisdata yang lebih komprehensif sebagai strateginya. Ini berarti juga turut memperhatikan aspek efisiensi, kepatuhan, dan ekonomis.

Manajemen data

Saat aset digital dan data jumlahnya terus berlipat ganda, salah satu permintaan pasar yang turun meningkat adalah adanya sebuah medium yang bisa menampung data secara terjangkau, namun tetap bisa diandalkan untuk diakses di manapun dan kapanpun.

Cloud storage, menjadi solusi yang paling masuk akal. Dengan seluruh keistimewaan gagasan komputasi awan, Anda bisa menyimpan banyak data dalam satu wadah yang dapat dikelola dengan mudah.

Di Kilat Storage, misalnya, yang mana adalah sebuah layanan penyimpanan databerbasis obyek yang mendukung penuh protokol S3 seperti Amazon Web Services, Kilat Storage dapat diakses dari berbagai macam aplikasi klien yang mendukung protokol yang serupa.

Hal ini membawa cloud storage memiliki kelebihan bawaan lain, yaitu keamanan.

Aman dan terjangkau

Secara tradisional, pengelolaan data atau berkas bisa menjadi sangat mudah dicuri dan dimata-matai, bahkan ketika kita telah menyematkan sebuah kata sandi sekalipun.

Hal tersebut bisa menjadi masalah ketika organisasi/perusahaan perlu mematuhi peraturan keamanan teknologi informasi untuk pelanggan, maka dari itu menjalankan protokol keamanan seperti two-factor authentication untuk melindungi data dari pihak ketiga maupun pihak internal dapat diredam.

Mengadopsi solusi backup dan disaster recovery pun menjadi semakin esensial, proses ini menjadi salah satu benefit utama cloud storage. Saran kami, jalankan strategi 3-2-1 dalam cloud backup, yang berarti: menyalin tiga salinan data Anda, salin dengan dua format yang berbeda, dan salin di satu tempat lain yang berbeda.

Dengan begitu jika ada insiden pada data utama Anda, salinannya di cloud lain akan tetap terjaga dan Anda bisa segera melakukan backup sehingga bisnis tetap berjalan.

Dan yang pasti, Anda cukup membayar ukuran storage dengan harga terjangkau yang bisa ditingkatkan kapasitasnya seiring bertumbuhnya bisnis Anda.

Tags: cloud storage, kilat storage, cloud, hosting, storage, s3, object storage