Blog

Melihat Tren Managed Services di Tahun 2022

Diterbitkan tanggal 8 February 2022 oleh Allika

Teknologi Informasi (TI) memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat, termasuk perannya dalam dunia bisnis. Ekosistem TI yang berkembang telah memenuhi tiap kebutuhan bagi penyedia layanan TI yang terstruktur. Tetapi sebenarnya, permintaan dan suplai yang ada pada layanan TI bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Ekosistem TI yang terstruktur dan terkelola bisa terdiri dari pemeliharaan aplikasi dan pendukung layanan lainnya untuk mengawasi infrastruktur TI, dan sebagainya.

Dilansir dari estuate.com, berikut 6 Manajemen Teknologi Informasi Terkelola (IT Managed Services) yang akan menjadi pilihan teratas di tahun 2022 :

  1. Cloud dan otomatisasi akan menjadi yang paling populer.
  2. Konsep Cybersecurity mesh akan memimpin sebagai solusi pengaman keberlangsungan sebuah bisnis.
  3. Layanan monitoring performa aplikasi akan berkembang luas.
  4. Network agility akan menjadi sorotan pada layanan-layanan yang terkelola.

Apa Itu Layanan TI Terkelola ?

Layanan TI yang terkelola (managed services) merujuk kepada seluruh layanan teknologi di mana sebuah perusahaan bisa mendapatkannya dari kemitraan di luar perusahaan. Perusahaan infrastruktur TI yang mengandalkan data, bisa memperoleh keuntungan paling besar dari peluang tersebut.

Pada dasarnya, layanan terkelola bersifat proaktif. Layanan terkelola hadir untuk memastikan operasi bisnis sebuah perusahaan bisa berjalan dengan efisien. Pemeliharaan aplikasi yang cepat, bantuan dan dukungan layanan, atau pengawasan infrastruktur TI secara konsisten ditengarai mampu meningkatkan efisiensi perusahaan. Untuk memulainya, yang Anda butuhkan adalah Managed Service Provider (MSP).


Siapa Managed Service Provider (MSP) di TI?

Sebuah Managed Service Provider (MSP) adalah solusi untuk semua hambatan-hambatan teknis yang ada. MSP adalah perusahaan TI dengan pengalaman dan pengetahuannya yang lebih baik untuk memenuhi semua kebutuhan terkait teknologi Anda. Bermitra dengan MSP yang tepat dapat membantu sebuah perusahaan untuk berfokus pada inti bisnis menjadi lebih baik. Anda tidak perlu direpotkan oleh laporan operasional, pengelolaan infrastruktur sehari-hari, dan lain sebagainya.


6 Tren Besar Layanan TI Terkelola yang Akan Menjadi Pilihan Teratas di Tahun 2022.

1. Cloud dan otomatisasi akan menjadi yang paling populer.

Tuntutan Teknologi Infomasi (TI) membutuhkan dukungan dari pihak yang memiliki kemampuan atas hal tersebut. MSP masa kini telah memperkenalkan solusi cloud-native dan otomatisasi sebagai jawaban terhadap hal ini.

Salah satu keuntungan dasar dari layanan terkelola yang dilengkapi dengan cloud computing dan otomatisasi adalah kemampuan skalabilitasnya. Saat komputer mati atau tidak bisa digunakan, ketangguhan dari cloud storage akan menahan resiko kehilangan data. Apalagi, otomatisasi juga bisa mengatasi kesalahan manual dan ketidaksesuaian yang muncul. Namun karena persyaratan perusahaan berbeda di setiap bisnisnya, MSP juga mampu untuk menawarkan sesuatu yang diketahui sebagai ‘customized automation’, fleksibilitas ini membantu Anda untuk mendesain solusi layanan terkelola dan mengimplementasi di cloud Anda.

2. Cybersecurity mesh akan berkuasa sebagai jaringan keamanan bisnis.

Cybersecurity akan terus menjadi relevan, apalagi dalam konteks dunia digital yang moderen. Mayoritas dari pekerja yang bekerja dari rumah pada saat ini, besar kemungkinan menggunakan perangkat-perangkat pribadi. Kebiasaan Bring Your Own Device (BYOD) juga masih terus dijalani hingga saat ini. Ketika semua peralatan ini mendukung fitur pengoperasian jarak jauh, terkadang mereka mengundang banyak resiko keamanan.


MSP juga membawa sesuatu yang disebut dengan cybersecurity mesh ke dunia bisnis. Pengawasan infrastruktur TI seperti ini menjamin keamanan jaringan jarak jauh yang melampaui batasan fisik. Pada 2022 dan tahun-tahun selanjutnya, keuntungan-keuntungan dari managed services akan selaras dengan makin luasnya cakupan digitalisasi seperti ini.

3. Pengawasan performa aplikasi akan berkembang luas.

Tahun 2022 akan menjadi tahun di mana implementasi aplikasi akan sesuai dengan kecepatan pengembangannya. Pemeliharaan aplikasi dan layanan dukungannya akan menjadi sangat penting bagi managed services di dunia TI.

Application Performance Monitoring (APM), sebagai contoh, akan semakin memahami mekanisme feedback yang cepat untuk para pengembang aplikasi. Pengawasan front-end (untuk mempelajari perilaku pengguna), layanan untuk mencari-menelusuri-mendiagnosis-menganalisis aplikasi, dan AIOps (untuk mendeteksi pola siklus hidup aplikasi dan anomali-anomali yang terjadi), akan menjadi bagian dari APM. Solusi-solusi ini akan membantu tim DevOps Anda untuk menganalisa masalah bisnis lebih baik lagi dan ini akan mempersingkat Mean Time To Repair (MTTR) mereka.

4. Network agility akan menjadi sorotan pada layanan-layanan yang terkelola.

Perusahaan jaringan akan selalu berkembang setiap menitnya, apalagi dalam menghadapi 5G dan AI. Berkolaborasi dengan Teknologi Informasi (TI) dan Managed Service Provider (MSP), akan menjadi jalan terbaik untuk memastikan keamanan end-to-end untuk program jaringan internet yang lebih baik. Network Operations Center (NOC) yang tangguh dapat membantu Anda untuk menggapai transformasi digital.

Banyak organisasi yang nantinya juga akan melakukan virtualisasi server di tahun yang akan datang. Di bawah ini, server virtual akan membuat langkah jika ada downtime yang tidak terduga.

Infinyscloud Menyediakan Layanan Itu Semua

Layanan Cloud Terkelola

Semua layanan kami di Infinyscloud sudah termasuk dengan dukungan tim support terkelola tanpa tambahan biaya lagi. Pelanggan dapat lebih fokus pada bisnis mereka sementara kami memastikan bahwa infrastruktur TI Anda di Infinyscloud selalu berjalan dengan baik dan optimal.

Jajaran Tim Ahli yang Siap Mendukung 24/7

Kami percaya bahwa pengalaman pelanggan adalah kunci kesuksesan, oleh karena itu semua yang kami lakukan akan selalu memprioritaskan kebutuhan pelanggan dan permintaan mereka, dari layanan desain hingga bantuan teknis yang bisa Anda hubungi selama 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu.

Tidak Ada Biaya Tambahan yang Tersembunyi

Kami memiliki struktur harga yang jelas dan transparan untuk semua layanan cloud kami. Harga yang telah disepakati setelah mendaftar adalah harga yang pelanggan harus bayarkan kepada kami di setiap bulannya, dan tidak ada biaya tambahan di akhir.

Jika ada pertanyaan tentang managed services, hubungi tim kami di sales@isi.co.id.

Tags: cloud, cybersecurity mesh, network, Network Agility, IT, Managed Service Provider, Application Performance Monitoring, Layanan TI Terkelola