Blog

Melihat Tren Komputasi Awan di Tahun 2021

Diterbitkan tanggal 9 February 2021 oleh michael

Kehadiran pandemi di tahun 2020 menjadi salah satu momen paling disruptif di abad ke-20, segala aspek lapisan masyarakat terkena dampaknya, termasuk bisnis. Cara masyarakat berbisnis dipaksa untuk berubah mengikuti kebutuhan. Berbelanja online semakin diandalkan, meeting dan pertemuan diadakan secara virtual, dan hal-hal lainnya yang telah menjadi kelumrahan yang baru. Di industri komputasi awan, inovasi turut dipaksa hadir untuk mengikuti pergeseran perilaku masyarakat.

Penyedia layanan komputasi awan menjadi garda terdepan untuk membantu para pelaku bisnis mengatasi kemelut pasar yang ada. Berikut tren komputasi awan yang diprediksi akan terjadi pada tahun ini menurut para ahli:

Artificial Intelligence (AI) Merevolusi Komputasi Awan

Pelaku bisnis butuh strategi teknik AI untuk penggunaan yang lebih jamak dalam proses DevOps, daripada sekedar proyek-proyek khusus yang terisolir. Menurut lembaga riset Gartner, AI engineering terbagi dalam tiga pilar utama: DataOps, ModelOps, dan DevOps.

Dalam teknik yang lebih komprehensif di masa depan nantinya, AI engineering nanti akan menjadi terminologi induk dalam implementasi lain tentang AI seperti resikonya, tingkat kepercayaan, transparansi, etika, kewajaran, keabsahan, dan keamanan dan kepatuhan.

Edge Computing

‘Edge’ merujuk pada model komputasi yang mengoptimalkan aplikasi web dan internet dengan cara mendekatkan sumber data dengan pusat data. Dengan begitu proses transfer data menjadi lebih singkat karena latensi dan penggunaan bandwidth yang cenderung lebih kecil. Komponen seperti penyebaran jaringan 5G, integrasi AI dan Machine Learning (ML) di komputasi awan, bisa menjadi faktor untuk mendorong implementasi edge computing menjadi lebih umum.

Meningkatnya Permintaan Private Cloud, Hybrid Cloud, dan Multicloud

Keputusan penggunaan skema arsitektur komputasi awan selalu berdasarkan kebutuhan perusahaan/bisnis, tidak ada acuan atau patokan mana arsitektur yang terbaik. Namun yang pasti semuanya akan meningkat secara drastis mengingat nyaris semua pelaku bisnis mengandalkan transaksi dan meningkatkan presensi secara online.

Untuk konsultasi tentang private cloud, hybrid cloud, dan multicloud, Anda bisa menghubungi Infinyscloud (sales@isi.co.id). Sementara untuk VM dan hosting, silakan merujuk ke halaman CloudKilat untuk mendapatkan tawaran harga yang menarik dan kompetitif.

Otomatisasi dan Orkestrasi

Jika Anda akrab dengan Kubernetes dan Docker tentu sudah memahami terminologi seperti virtualisasi, container, dan lain sebagainya. Otomatisasi dari banyak container melalui Kubernetes akan semakin jamak dan tinggi permintaannya di tahun ini. Kompleksitasnya akan meningkat seiring tingginya kuantitas virtualisasi yang dimiliki para pelaku bisnis.

Tags: cloud computing, cloud, AI, edge computing, komputasi awan