Blog

​Layanan Komputasi Awan untuk Bisnis Kecil, yang Harus Diketahui

Diterbitkan tanggal 22 April 2019 oleh admin

Sebetulnya cloud computing atau komputasi awan telah ada sejak awal internet ada. Namun, dalam beberapa tahun terakhir komputasi awan sudah menjadi sistem yang sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan bagi siapa pun yang telah menyentuh komputer, tablet, atau smartphone selama satu dekade terakhir secara teratur tanpa sadar telah menggunakan layanan cloud.

Setiap kali scrolling timeline di media sosial antara lain Facebook, Instagram, atau Twitter, menonton video streaming, mengakses layanan email online, atau menggunakan aplikasi di ponsel, tanpa sadar kita mengakses data yang disimpan di cloud. Masyarakat umum lebih cepat mengadopsi layanan cloud daripada dunia bisnis, terutama karena data yang digunakan perusahaan untuk menjalankan dan menumbuhkan bisnis mereka sangat sensitif.

Diperlukan beberapa waktu bagi perusahaan untuk bertransisi dari data internal dan manajemen sistem ke komputasi awan, tetapi itu juga sedang berubah. Pada 2017, Forrester Research memperkirakan bahwa 50% perusahaan global akan bergantung pada setidaknya satu platform cloud publik pada akhir 2018. Selain itu, pasar cloud publik global akan bernilai $178 miliar dan akan terus tumbuh hingga nanti. Membuktikan bahwa layanan komputasi awan adalah gelombang masa depan, dan tampaknya masa depan sudah ada di sini.

Berikut adalah alasan mengapa berbisnis harus menggunakan layanan cloud dengan laju yang meningkat karena alasan yang jelas.

  • Aman dan terjangkau
  • Meningkatkan efisiensi
  • Menyediakan penyesuaian berdasarkan kebutuhan bisnis Anda
  • Menghilangkan risiko kehilangan data
  • Menawarkan peningkatan langsung dan teknologi terbaru yang tersedia
  • Dapat diakses secara global

Sementara manfaat dari komputasi awan untuk bisnis menjadi terkenal, banyak bisnis tidak terbiasa dengan berbagai jenis komputasi awan.

Bagaimana Anda bisa memilih layanan cloud yang tepat untuk bisnis Anda?

Ada banyak kombinasi layanan cloud untuk diimplementasikan ke dalam bisnis Anda, jadi penting untuk masuk ke proses dengan rencana permainan yang solid. Karena semakin banyak sistem TI dieksternalisasi, memilih penyedia cloud yang tepat untuk bisnis Anda akan sangat penting untuk pertumbuhan yang mulus dan kesuksesan jangka panjang.

Diketahui bahwa, layanan cloud tersedia dari banyak macam seperti Iaas, Paas, dan Saas. Ketiganya memiliki kapasitas dan kegunaan yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya silahakan cek artikel ini.

Bagaimana memilih layanan Cloud yang tepat untuk Bisnis

1. Kembangkan strategi cloud. Organisasi Anda unik, dan karenanya memiliki kebutuhan unik di cloud. Untuk memastikan penyedia memenuhi persyaratan Anda, lakukan tinjauan infrastruktur, kebijakan privasi, kebijakan perlindungan data, praktik pengembangan, dan prosedur klasifikasi data.

2. Cari Service Level Agreement (SLA) terbaik. Tanyakan tentang menggabungkan semua layanan yang diinginkan untuk dijadikan satu pembayaran setiap satu bulan. Hal itu sangat baik dilakukan untuk mengatahui pengeluaran IT setiap bulannya. Sehingga perhitungan dana sudah diketahui jumlahnya dan menguntungkan untuk mengelola layanan pada tingkat optimal.

3. Periksa keamanan layanan cloud yang akan dipilih, dan periksa lagi semua struktur dan sistem kerjanya. Pertimbangkan kebijakan manajemen risiko, catatan kepatuhan audit, dan analisis kerentanan penyedia. Keamanan data adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap enteng dalam dunia bisnis.

4. Pantau layanan. Mungkin mudah untuk mentransfer data ke cloud dan melupakannya, tetapi jika ingin memastikan layanan dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Perusahaan harus terus mengawasi. Terlebih dengan masalah bandwidth untuk menjaga layanan berjalan lancar dan efisien.

Jadi, apakah ada kelemahan dalam komputasi awan?

Keuntungan dari cloud computing lebih besar daripada potensi kerugiannya, tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan. Setelah bisnis telah dipusatkan pada layanan komputasi awan. Perusahaan harus siap akan teknologi terbaru setiap saat. Pastikan juga layanan yang dipilih mudah diakses dan sesuai dengan keinginan.

Tingkat perubahan dan kemajuan teknologi yang cepat memiliki arti bahwa layanan baru dan penyedia baru muncul di cloud setiap saat. Jika solusi yang lebih baik atau lebih terjangkau untuk kebutuhan khusus muncul dan ingin beralih, pastikan bahwa layanan selanjutnya dikuasai dengan baik sehingga tidak terjadi trial and error di kemudian hari.