Blog

Keamanan Komputasi Awan Yang Bisa Dimaksimalkan

Diterbitkan tanggal 27 May 2016 oleh michael

Isu yang kerap muncul untuk memutuskan tentang implementasi komputasi awan ialah faktor keamanan. Mitos tersebut tidak benar demikian, memanfaatkan cloud sejatinya dapat dengan mudah mengukur dan meluncurkan sistem terbaru dengan fitur keamanan yang terkini.

Security Evangelist Alert Logic Paul Fletcher justru mengatakan bahwa komputasi awan menawarkan potensi fitur keamanan yang lebih baik. Dengan inovasi di sektor komputasi awan bertumbuh secara eksponensial, banyak perusahaan keamanan teknologi yang turut menyertakan solusi enkripsi, anti-virus, manajemen file terintegrasi, manajemen akses dan identitas, percobaan kerentanan, enkripsi surat elektronik, pendeteksi gangguan, DDOS, pendeteksi anomali, virtual private network (VPN), firewall untuk web dan aplikasinya, yang keseluruhan tersebut turut datang dengan rekam pencatatan, analisis, dan korelasinya.

Karena definisi keamanan bukan lagi hanya pada kemampuan Anda melihat dan menyentuh perangkat fisik. Mampu melihat dari lapisan pertama (fisik) hingga ke lapisan ketujuh (aplikasi) berdasarkan model OSI (Open Systems Interconnection) mampu menjanjikan keamanan dengan lebih baik.

Keuntungan menggunakan cloud daripada infrastruktur on-premise adalah tentang segalanya yang mampu terdokumentasikan dengan baik. Kemampuan yang bisa mengikuti skala bisnis secara fleksibel dengan fitur-fitur keamanan yang terbarukan dalam prosesnya. Untuk mencapai di tahap ini, setiap organisasi harus mengintegrasikan fitur keamanan cloud bawaan dari tiap providernya.

Di antara beberapa nama penyedia layanan cloud hosting di Indonesia, CloudKilat berdiri dengan prinsip fundamental bahwa keamanan dan kenyamanan para pelanggannya sebagai nilai jual yang diutamakan. Menjanjikan infrastruktur terbaik dan terbarukan, CloudKilat turut memiliki jajaran tim teknis yang bisa membantu keluhan dan kejanggalan dalam sistem tiap-tiap pelanggannya kapanpun dan di manapun.

Namun pada akhirnya konsep komputasi awan secara umum bukan teknologi tanpa cela. Seperti kebanyakan ancaman di sektor teknologi manapun, penting untuk mengerti hirarki infrastruktur sendiri dan layanan-layanan apa saja yang ditawarkan penyedia layanan cloud sebagai konsultan dan penasihat.

Di saat suatu organisasi atau perusahaan mengapresiasi dan memahami batasan-batasan tanggung jawab dari tiap pihak yang terlibat, saat itulah integrasi sesama manusia memberikan sinergi yang terbaik untuk menghadirkan keamanan yang ideal.

Tags: security, cloud computing