Blog

Demam Startup Turut Dongkrak Adopsi Cloud di Indonesia

Diterbitkan tanggal 19 May 2016 oleh michael

Asosiasi Komputasi Awan Asia (ACCA) mengumumkan hasil studi yang mengukur kesiapan negara-negara di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, mengadopsi komputasi awan (cloud) dalam 10 parameter utama. Tren ini juga yang menurut riset Odin akan banyak perusahaan kecil-menengah atau startup turut memanfaatkannya untuk fungsi berbagi file, backup dan penyimpanan, serta akuntansi dalam jejaring.

IDC telah memprediksikan pengeluaran global untuk layanan penyedia jasa komputasi awan akan meningkat enam kali lipat dari keseluruhan pengeluaran Teknologi Informasi, angkanya dipatok sekitar $141 milyar (atau nyaris senilai Rp 1.900 triliun) di tahun 2019.

ACCA dalam Cloud Readiness Index 2016 (CRI) memiliki penilaian dalam kualitas broadband, privasi dan keamanan cyber, lingkungan regulasi pemerintah dan kebebasan informasi, dan beberapa parameter lainnya. Secara garis besar, negara-negara di Asia-Pasifik akan dipimpin oleh Hong Kong karena faktor kepercayaan dan privasi yang terlindung baik di sana.

Di Indonesia sendiri tren startup kian menjamur dan menunjukkan progres positif di berbagai sektor industri. Kesadaran bahwa menginvestasikan infrastruktur berbasis cloud jauh lebih masuk akal dengan segala keterbatasan startup yang umum diketahui, yakni demi meredam pengeluaran yang lebih besar.

Kenyataannya bukan hanya startup yang memang beririsan langsung dengan teknologi, banyak perusahaan menengah turut memanfaatkan layanan web hosting Indonesia seperti CloudKilat untuk melebarkan sayap bisnis mereka ke ranah online. Karena tak hanya meredam pengeluaran modal (untuk kepentingan membangun server), pengeluaran operasional (biaya pengelolaan, SDM, dan lain sebagainya) nyatanya turut ditekan berdasarkan penggunaan yang disesuaikan.

Bagaimanapun, seperti yang diutarakan oleh Odin bahwa studi CRI mengilustrasikan bahwa pebisnis dan industri teknologi tidak mampu mencapai ekosistem ideal dengan sendirinya. Sebuah negara siap mengadopsi cloud secara ideal berkat dukungan komitmen pemerintah, infrastruktur yang andal, dan lingkungan bisnis yang merangkul gagasan ekonomi digital. Dua poin terakhir adalah apa yang dimiliki dan terus diupayakan oleh CloudKilat.

Tags: web hosting indonesia, cloud hosting