Blog

CloudKilat Hadir di Acara LibreOffice Conference Indonesia 2018

Diterbitkan tanggal 6 April 2018 oleh admin

CloudKilat hadir di acara LibreOffice Conference Indonesia 2018. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas LibreOffice Indonesia ini terlaksana pada 23-24 Maret 2018 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Jawa Timur.

Tidak hanya menghadiri acara dan berperan sebagai pihak sponsor, CloudKilat juga mengisi salah satu kelas paralel di sana. Head Support CloudKilat, Wildan Zubaidi menjadi pembicara di Kelas Paralel 1 membawakan materi Performance Comparison: Building LibreOffice on The Cloud. Para peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti kelas yang dibawakan. Hal itu terbukti dari durasi yang disediakan oleh panitia selama 25 menit tak tercukupi sampai akhirnya melebihi waktu menjadi 58 menit.

Materi yang disampaikan oleh Wildan Zubaidi yaitu secara garis besar menjelaskan bagaimana LibreOffice bisa diterapkan di teknologi cloud. Wildan mengomentari acara LibreOffice Conference Indonesia terselenggara dengan baik. “Acaranya keren, pesertanya antusias. Semoga tahun depan bisa lebih sukses dan lebih ramai lagi acaranya,” katanya.

LibreOffice Conference Indonesia 2018

LibreOffice Conference Indonesia merupakan acara berkumpul para penggiat dan pengguna LibreOffice yang mengutamakan kontribusi nyata pada kemajuan kemerdekaan perangkat lunak. #LOCIndonesia2018 menjadi magnet tersendiri bagi para peserta yang ikut memeriahkan acara akbar ini. Acara ini diawali dengan agenda Lokakarya di hari pertama dan konferensi di dua hari berikutnya.

#LOCIndonesia2018 turut dihadiri oleh Keynote Speaker antara lain Noor Azam, Branch Manager RADNET Surabaya / Surabaya Linux User Group, Italo Vignoli, Co-Founder LibreOffice / Public Relation & Marketing of TDF, dan Franklin Weng, Board Member of TDF / President of BoD of SLAT. Tidak hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa, acara yang diadakan di Gedung Pascasarjana PENS ini juga diikuti dengan antusias masyarakat umum yang antusias dengan LibreOffice.

LibreOffice Conference Indonesia 2018

Darian Rizaludin selaku Humas LibreOffice Conference Indonesia 2018 mengatakan bahwa acara yang terselenggara selama tiga hari tersebut berlangsung sukses. Secara keseluruhan, ada sekitar 450 peserta mengikuti #LOCIndonesia2018. “LibreOffice Conference Indonesia 2018 ini adalah yang pertama di Indonesia yaitu bertempat di Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Peserta sangat antusias mengikuti setiap agenda meliputi lokakarya dan kelas-kelas paralel,” kata Darian.

Acara berlangsung sukses dan lancar, namun ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi dan perlu ditingkatkan untuk acara selanjutnya yaitu publikasi yang lebih baik dan intensif. Darian berharap acara ini diadakan rutin setiap tahun dan mengajak kepada para penggiat dan pengguna LibreOffice bisa bergabung di grup telegram LibreOffice ID: https://t.me/LibreOfficeID untuk sekadar berbagi informasi dan ilmu atau hal apa saja berkaitan dengan penggunaan LibreOffice.

Tags: LibreOffice, LibreOffice Conference Indonesia, LibreOffice Indonesia, LibreOffice Conference Indonesia 2018