Blog

​Cloud Turut Dongkrak Pendapatan Perusahaan di Sektor IoT

Diterbitkan tanggal 6 June 2016 oleh michael

Infrastruktur IT dan komputasi awan menjadi faktor yang memberikan dukungan hebat bagi pertumbuhan bisnis di sektor Internet of Things (IoT) di kuartal akhir tahun lalu. Pertumbuhan ini ditengarai atas kebutuhan manajemen data.

Menyadur informasi dari ReadWrite, selama kuartal keempat tahun 2015, perusahaan yang bergerak di sektor IoT mengalami peningkatan pendapatan sebesar 14.8% di angka $6.7 miliar (sekitar Rp 90 T) berkat dukungan komputasi awan yang membantu memenuhi kebutuhan atas manajemen data. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk di antaranya ialah Verizon, Microsoft, Intel, Google, Amazon, Siemens, Cisco, Ericsson, dan Oracle.

Angka tersebut dirangkum dari hasil laporan Technology Business Report (TBR) bahwa para vendor ingin menjadi pionir dalam sektor IoT demi potensi pendapatan yang dijanjikan oleh industri baru ini.

“Setiap vendor dan perusahaan teknologi idealnya akan turut terlibat di tren baru dalam pasar yang sedang bertumbuh, mengingat IoT nantinya akan mendorong peningkatan adopsi beragam barang dan jasa di industri teknologi,” kata TBR Analyst Dan Callahan.

Perusahaan yang menjadi early-adopter dalam sektor IoT mencoba mendapatkan ceruk pasar yang lebih besar karena kecilnya lahan kompetisi, pelanggan mereka memiliki pilihan faktor keamanan yang terbatas dari pihak ketiga, dan pengguna akhir membutuhkan solusi yang bisa disesuaikan karena kurangnya pemahaman teknologi.

Mereka yang ingin terlibat mengharapkan mampu menjinakkan arus liar data yang begitu banyak untuk kemudian disajikan dalam bentuk informasi guna membantu keputusan strategis perusahaan.

Pertumbuhan pendapatan ini juga dinilai berkat skema perusahaan besar tersebut telah masuk dan mengedukasi pasar sebagai pemain pertama di sektor IoT. Karena demi membangun minat pada produk teknologi yang matang, perusahaan IoT komersil harus menciptakan pertumbuhan bisnis dengan fokus layanan konsultasi, perangkat keras, jaringan, pengembangan, dan komponen dan manajamen keamanan.

“Perusahaan teknologi yang gesit melihat peluang IoT dari pelanggan setianya, dan pelanggan potensialnya melalui program pengembangan, akan menuai pendapatan/keuntungan dengan segera pula,” tambah Callahan.

Tags: iot, internet of things, cloud computing