Blog

Cloud Menjadi Tempat Yang Aman Untuk Menyimpan Data

Diterbitkan tanggal 26 July 2017 oleh admin

Beberapa waktu lalu kita telah mendengar betapa cepatnya serangan siber bernama WannaCry. Ransomware WannaCry memanfaatkan celah keamanan di sistem operasi Windows untuk mengunci dokumen dan sistem, untuk membuka dokumen yang terkunci Anda diwajibkan membayar tanpa kepastian data kembali.

Setelah badai WannaCry mereda, kami pun membuat ulasan menarik tentang virus ini. Tentunya dengan harapan bahwa bisa mengedukasi masyarakat untuk mencegah kemungkinan terjadinya serangan lanjutan.

Namun jika kita menilik inti permasalahan dengan konteks yang lebih luas. Serangan WannaCry tidak menjadi signifikan dampaknya jika data dan dokumen yang Anda miliki berada di cloud. Hal ini kembali lagi mengangkat premis bahwa cloud mengizinkan Anda menyimpan sebuah data yang dapat diakses di mana saja, dan kapan saja. Sangat kontradiktif dengan apa yang terjadi pada korban malware WannaCry.

Maka dari itu kami sebagai penyedia layanan komputasi awan termutakhir di Indonesia merasa memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi dan menawarkan solusi terbaik yang kami miliki. Kami percaya bahwa memanfaatkan komputasi awan membuat Anda cenderung tidak menjadi korban serangan siber seperti ini. Lapisan keamanan di CloudKilat contohnya, menawarkan lebih dari sekedar langkah pencegahan dari sebuah serangan. Kami secara proaktif memantau arsitektur komputasi awan yang digunakan, dan dapat segera menemukan lantas memblokir ketika ada sesuatu yang mencurigakan.

Pada dasarnya, penyedia layanan komputasi awan dapat secara otomatis mengimplementasi sistem operasi, aplikasi, patch, dan perbaikan secara otomatis di belakang layar. Langkah ini tidak banyak dilakukan oleh perusahaan IT karena biaya keamanan terlalu banyak untuk kebanyakan perusahaan, dan sebagian besar tidak dapat mengikuti semua hal yang perlu dilakukan agar sistem dan pengguna mereka cukup aman dari WannaCry, Petya, dan perangkat lunak perusak lainnya yang mematikan sistem.

Bahkan ketika persepsi bahwa kontrol terbaik adalah bentuk kontrol secara langsung, Anda tidak dapat memungkiri bahwa komputasi awan menjadi jawaban atas permasalahan ini.

Beberapa sistem di komputasi awan padam? Hal yang sangat normal, seperti kegagalan sistem lainnya di setiap organisasi. Namun tidak ada satupun penyedia layanan komputasi awan yang secara signifikan mengalami kerugian dari kasus penyerangan WannaCry dan malware sejenis lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Kami punya berbagai layanan untuk mengiringi langkah Anda bermigrasi ke awan.


Tags: cloud, migrate, wannacry, cybersecurity