Blog

​Bank Besar Dunia Mulai Jajaki Teknologi Cloud

Diterbitkan tanggal 21 June 2016 oleh michael

Pemanfaatan teknologi komputasi awan secara pelan tapi pasti akan segera diimplementasi oleh pemain bank besar dunia. Skenario ini berkat adanya kebutuhan efisiensi dari penghematan biaya operasional, dan fleksibilitas dalam mengatur manajemen server dengan segera. Riset dari Deutsche Bank mengatakan bahwa satu sampai tiga tahun ke depan, pemanfaatan cloud akan mencapai hingga 30%.

“Beberapa IT eksekutif dari bank dunia memaparkan pada kami akan menggunakan komputasi awan atau model IaaS (Infrastructure as a Service) dari dasar sekali hingga 30% pemanfaatannya (yang mencakup pengembangan/testing kinerja operasional) dalam tiga tahun ke depan,” kata DB Researcher Karl Keristead dan Ross Sandler, mengutip dari NetworkWorld.

Secara tradisional, perusahaan besar termasuk bank besar skala global dan institusi keuangan lainnya cenderung enggan untuk mengakrabkan diri pada layanan komputasi awan umum (public cloud service). Hal tersebut enggan dijalankan karena satu hal dan lainnya, seperti faktor keamanan, dan regulasi yang ketat. Ketika era digitalisasi datang menerpa, kebutuhan untuk menangani komputasi yang lebih besar dengan biaya yang lebih rendah menjadi tantangan tersendiri, dan komputasi awan merupakan solusinya.

Tak hanya efisiensi, dan fleksibilitas, kepatuhan dan jaminan keamanan dari tiap penyedia layanan cloud hosting menjadi dorongan pihak bank untuk lebih menjajaki konsep teknologi ini ke depannya. Skema ini juga didukung oleh pihak perumus kebijakan mengenai keabsahan untuk melakukan migrasi (dari on-premise) ke cloud.

Sementara industri kesehatan yang teregulasi dengan ketat mulai mencanangkan ke komputasi awan, sejatinya dunia perbankan cenderung lebih menerima karena pemahaman mereka yang lebih baik mengenai potensi keuntungan, dan kenyamanan keamanan dari fitur enkripsi yang ditawarkan.

Deutsche Bank sendiri beranggapan meski pada akhirnya perbankan akan mengimplementasi komputasi awan, mungkin adopsinya akan dengan penuh kehati-hatian dan ruang lingkupnya hanya meliputi komputasi kerja yang tak terlalu beresiko, untuk pengembangan dan testing sistem, dan aplikasi.

Tags: deutsche bank, bank, cloud hosting, cloud computing