Blog

Website Patrolisiber.id Mudahkan Masyarakat Laporkan Kejahatan di Dunia Siber

Diterbitkan tanggal 15 August 2019 oleh admin

Di era yang semakin maju dan berkembang sekarang ini diperlukan inovasi untuk menjawab segala tantangan. Teknologi membantu dalam segala hal, salah satunya adalah untuk menangkal kejahatan yang terjadi di masyarakat.

Rabu, 14 Agustus 2019 menjadi langkah besar bagi Kepolisian Republik Indonesia dengan meluncurkan situs web patrolisiber.id. Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui satuan kerja Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) mengenalkan kepada publik website patrolisiber.id yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat melaporkan tindak kejahatan di dunia siber. “Tantangan dan tugas kita ke depan itu lebih besar adanya di dunia siber,” kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Idham Aziz dalam sambutannya di acara peluncuran website patrolisiber.id di kantor Dittipidsiber.

Patrolisiber.id memiliki beberapa fitur di antaranya pelaporan tindak kejahatan melalui “Laporkan!”. Melalui portal laporan daring tersebut, masyarakat bisa membuat laporan yang berisikan informasi tentang pelaku kejahatan siber seperti nama, nomor telepon, nomor rekening, akun media sosial, email, dan lain sebagainya. Informasi yang disampaikan oleh masyarakat diharapkan bisa digunakan agar terhindarkan dari kejahatan.

Selain itu ada informasi lainnya yaitu tentang statistik pelaporan dari masyarakat. Jenis pelaporan, platform yang digunakan, persebaran wilayah, serta usia pelapor bisa diketahui melalui statistik yang tertera.

Website patrolisiber.id juga menjangkau anak-anak. Tampilan user experience yang sederhana, ceria, dan tentunya mudah bagi anak-anak untuk melakukan pelaporan.

Dittipidsiber dilengkapi dengan berbagai kemampuan dan fasilitas pendukung, salah satunya adalah laboratorium digital forensik yang sudah memenuhi standard mutu dalam hal bukti digital.

CloudKilat mendukung Dittipidsiber Bareskrim Polri sebagai bukti nyata dan apresiasi yaitu menjalin kerjasama memberikan layanan komputasi awan yang digunakan untuk keperluan website patrolisiber.id. Tim support CloudKilat bekerja 24 jam penuh untuk memberikan layanan yang optimal.

Maju terus Dittipidsiber! Bravo Kepolisian Indonesia!

Tags: Patroli Siber, Bareksrim, Kepolisian Indonesia