Blog

Solusi Cloud Mampu Mengeliminasi Kecemasan Dalam Berbisnis

Diterbitkan tanggal 8 June 2016 oleh michael

Setiap pebisnis kerap mendapatkan isu atau rintangan dalam menjaga laju bisnisnya. Kecemasan tiap malam yang menghantui apakah layanan bisnisnya berjalan sebagaimana mestinya umum ditemui. Satu permasalahan tidak jarang berujung pada permasalahan lainnya, memberikan efek berantai. Namun terkadang satu solusi turut menjawab dan melewati beberapa rintangan sekaligus.

Tees adalah sebuah situs online yang mengizinkan penggunanya membeli kaus dan produk suvenir sesuai kebutuhan dan selera mereka. Untuk terus melayani penggunanya setiap saat, Tees dituntut memiliki layanan 24/7 (sepanjang hari, secara terus menerus). Sebagai salah satu marketplace ternama, tentu kredibilitas Tees terus dipertaruhkan setiap hari. Ide, kreativitas (untuk mendesain produk), dan kemauan untuk membeli dari para pelanggannya bukanlah sesuatu yang mudah diperkirakan. Ketika Tees tak dapat diakses karena permasalahan server, kejadian tersebut adalah tragedi bagi para pendirinya.

Beruntungnya, Tees tidak beroperasi sebelum tahun 2000-an. Di mana teknologi cloud computing belum jauh pengadopsiannya. Faktor esensial ini dinilai penting bagi CEO Tees Aria Rajasa karena timnya tak perlu lagi direpotkan dengan lokasi dan peremajaan infrastruktur fisik yang menjalankan layanan Tees.

“[Solusi komputasi awan] sangat membantu. Kebetulan kami menggunakan CloudKilat yang mampu menekan biaya pemeliharaan server kami menjadi sangat efisien. Kami juga mengandalkan sekali support dari mereka dan selama ini mereka bisa handle semua masalah dengan cepat,” kata Aria pada tim kami.

Aria menjelaskan, implementasi cloud hosting memberikan dampak positif pada bisnisnya.

It’s one less thing to worry about. Jadi bisa fokus ke hal-hal lain yang lebih penting,” tambah Aria.

Seperti kebanyakan startup lainnya, Aria juga memiliki beberapa kriteria khusus dalam memilih penyedia layanan komputasi awan. Ia berpendapat bahwa harga harus menjadi prioritas, alangkah baiknya jika terjangkau namun tidak murahan. Dalam arti, pelayanan dan performanya sangat bisa mendukung bisnis Tees dengan responsif.

Tags: aria rajasa, tees, marketplace, cloud hosting