Blog

​Software as A Service (SaaS) Akan Menjadi Solusi Komputasi Awan Yang Terpenting

Diterbitkan tanggal 25 November 2016 oleh michael

Pesatnya pertumbuhan dunia teknologi menjadikan gagasan komputasi awan menjadi terdengar sangat mutakhir. Berbagai macam solusi telah hadir untuk mengakomodir kebuthan masyarakat seperti: Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). Dalam pengamatan InfoWorld, SaaS diproyeksikan akan menjadi yang paling dominan.

Hal ini tentunya mematahkan argumen bahwa IaaS akan menjadi tulang punggung di komputasi awan masa depan. Karena dinyatakan bahwa IaaS menjadi bagian yang paling mendasar dalam berbagai lapisan teknologi nantinya, atau mungkin beberapa bisnis membutuhkan kemampuan “scaling” otomatis guna mengantisipasi lonjakkan traffic maupun kebutuhan teknis dalam kasus tertentu, seperti flash sale pada marketplace contohnya.

Tren komputasi awan secara singkat adalah mengurangi penggunaan perangkat keras on-premise dan menjalankan layanan di infrastruktur milik orang lain. Namun masih banyak praktisi IT yang masih membutuhkan infrastruktur untuk lingkup kerjanya yang termasuk implementasi, keamanan, dan data. IaaS dan PaaS mampu menjadi solusi tersebut. Singkatnya SaaS memudahkan keseluruhan proses tersebut sehingga menciptakan efisiensi yang jauh lebih tinggi lagi.

Di India, di mana perilaku pasar teknologinya cenderung menyerupai Indonesia, juga telah memperkirakan hal yang serupa. TheHindu mengatakan pasar SaaS di India diproyeksikan akan meningkat tiga kali lipat menjadi senilai $1 miliar (sekitar Rp 13,5 triliun) di tahun 2020. Tingginya permintaan ini merupakan dampak dari banyaknya unit bisnis yang berfokus pada layanan berbasis SaaS. Riset diambil dari 150 perusahaan di segmen bisnis SaaS, di mana sekitar 50% dari perusahaan-perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan rintisan (startup).

Secara global, pasar SaaS diperkirakan senilai $31 miliar pada 2015, dan diproyeksikan akan bertumbuh 18% per tahun hingga $72 miliar di tahun 2020 nanti.

Tags: saas, paas, iaas, cloud computing, cloud hosting