Blog

Peran Virtualisasi KVM di Balik Layanan Kilat VM 2.0

Diterbitkan tanggal 6 September 2019 oleh admin

Teknologi virtualisasi KVM melengkapi kecanggihan layanan Kilat VM 2.0 dari CloudKilat. Segenap fitur yang ada tersebut diklaim memberikan kecepatan tinggi bagi keperluan dan aktivitas bisnis sehari-hari Anda.

Kilat VM 2.0 adalah produk dari layanan Virtual Private Server (VPS) milik PT Infinys System Indonesia yang hadir untuk membantu agar akses lebih cepat serta keandalan performa maupun ketersediaan yang lebih terjamin. Optimalisasi sumber daya data begitu terasa saat digunakan.

Berdasarkan penuturan dari Ken Sasongko, Research & Development Manager PT Infinys System Indonesia, layanan Kilat VM 2.0 memiliki performa 2,3 kali lebih cepat menyimpan data, 1,7 kali lebih baik pada komputasi, sehingga hanya butuh waktu singkat dalam menempuh proses.

Virtualisasi KVM yang ikut berperan andil dalam kecepatan tersebut bakal dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Mengenal Teknologi Virtualisasi KVM

Kernel-based Virtual Machine (KVM) adalah modul virtualisasi dalam Linux yang memungkinkan modul kernel berfungsi sebagai hypervisor. KVM membutuhkan prosesor dengan ekstensi virtualisasi perangkat keras seperti Intel VT atau AMD-V.

Pada awalnya, KVM didukung untuk prosesor x86 dan sejak itu telah porting ke S / 390, PowerPC, IA-64, dan ARM. Saat ini, teknologi tersebut menyediakan virtualisasi untuk berbagai macam sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Windows, Haiku, Plan 9, macOS, dan lain-lain.

Selain itu, KVM menyediakan dukungan paravirtualization untuk sistem operasi serupa seperti di atas. Hal itu termasuk kartu Ethernet paravirtual, disk I/O controller, perangkat balon, dan antarmuka grafis VGA menggunakan driver SPICE atau VMware.

Bagaimana virtualisasi KVM bekerja? Sebelum itu, kita perlu memahami bagaimana fungsi dasar yang berlaku pada cara tersebut. Virtualisasi berguna untuk menyembunyikan karakter fisik sumber daya atau pengguna komputer, sehingga membuatnya bekerja dalam mesin virtual.

Berdasarkan sejarah, virtualisasi muncul pertama di tahun 60-an meski baru benar-benar terpakai pada dekade 1990 ketika jumlah server meningkat. Sejak saat itulah kebutuhan untuk pemanfaatan yang efektif perangkat keras, optimalisasi proses pembaruan, penyebaran aplikasi, jaminan keamanan, dan pemulihan sistem dalam kasus-kasus tertentu, muncul.

Jadi apabila disederhanakan, maka virtualisasi KVM bertugas membuat kinerja pemrosesan dan data jadi lebih efisien karena aktivitas sebuah virtual server tak akan memengaruhi virtual server yang lainnya dalam satu Hypervisor. Faktor ini menjadi salah satu keunggulan Kilat VM 2.0 sekarang.

Virtualisasi KVM bekerja dalam berbagai macam dimensi komputasi, sehingga amat diperlukan untuk kelancaran aktivitas. Dimensi tersebut meliputi:

  • Keamanan
  • Penyimpanan data
  • Pendukung perangkat keras
  • Memory management
  • Live migration
  • Performa dan skalabilitas
  • Penjadwalan dan kontrol
  • Pemrioritasan dan latensi

Sesuai dengan penjelasan layanan Kilat VM 2.0, virtualisasi KVM pada akhirnya membuat layanan infrastruktur CloudKilat menjadi pilihan terbaik bagi Anda para developer, programmer, dan penggiat IT yang menjalankan UMKM dan Online Shop. Segala keperluan terkait pemrosesan dan penyimpanan data akan lebih mudah lewat teknologi tersebut.

Apa yang Anda butuhkan hari ini? Apakah hendak membangun aplkiasi, penyimpanan berkas, atau mempersiapkan penyusunan sebuah sistem? Kilat VM 2.0 dan virtualisasi KVM yang tersedia dapat membantu segala proses tersebut. Pahami lebih lanjut melalui informasi yang tersedia diCloudKilat dan maksimalkan penggunaannya dari sekarang. Selamat mencoba!

Tags: Kilat VM, Virtual Machine, VPS, Virtual Private Server, CloudKIlat