Blog

Memilih Domain untuk Personal

Diterbitkan tanggal 12 April 2016 oleh depemu

Untuk menjadi blogger profesional, hal pertama yang harus dimiliki adalah domain pribadi. Ketimbang menggunakan platform gratisan, memakai domain pribadi tentu saja akan meningkatkan kredibilitas. Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli sebuah domain, simak dulu tips di bawah ini!

Gunakan Hosting Berbayar

Jika ingin membeli domain, tentu saja Anda sebaiknya menggunakan layanan web hosting Indonesia berbayar. Ada banyak layanan hosting murah yang dapat Anda gunakan, namun pastikan penyedia tersebut memberikan layanan terbaik karena nantinya akan berpengaruh pada kinerja blog Anda.

Pilih Ekstensi Domain

Sebaiknya prioritaskan memilih TLD (Top Level Domain) berekstensi (dot)com untuk domain yang Anda daftarkan melalui layanan hosting murah. Sebab, menggunakan domain (dot)com akan memudahkan orang untuk mengingat domain Anda. Hindari pula domain-domain dengan ekstensi (dot)biz, (dot)net, atau (dot)info.

Buat Nama Domain Menarik

Saat mendaftarkan nama domain di layanan web hosting Indonesia, pilihlah nama yang menarik, sesuai dengan karakteristik dan personal branding Anda. Selain itu, pilih pula domain yang mudah diucapkan, diingat dan dimengerti oleh orang lain, agar tidak membuat orang lain kebingungan saat Anda mengucapkan alamat situs secara verbal. Anda juga dapat menggunakan domain apapun.ID untuk menunjukkan bahwa Anda bangga menjadi bangsa Indonesia.

Hindari Penggunaan Nama Berbau SARA

Jangan pernah menggunakan nama domain berbau SARA karena hal ini tentu saja akan memberikan efek buruk dan merusak image Anda sebagai blogger profesional. Lalu, search engine seperti Google pun mungkin saja akan memblacklist domain Anda, sehingga akan berdampak pada jumlah visitor yang mengakses blog Anda.

Pertimbangkan Kata Kunci dan Niche

Untuk Anda yang menargetkan kata kunci atau niche tertentu, membeli domain yang terdapat kata kunci di dalamnya adalah keharusan. Hal ini akan memudahkan visitor untuk menebak subjek utama di dalam blog personal Anda dan akan mempengaruhi kecepatan pencarian.

Dengan menggunakan domain berbayar, blog Anda akan terlihat lebih profesional dan dapat mengundang lebih banyak visitor. So, segera daftarkan domain yang Anda inginkan, melalui layanan hosting murah berkualitas di Indonesia!

Tags: domain murah, domain id, domain com, hosting murah