Blog

​Memastikan Beban Kerja Aplikasi Sebelum Migrasi ke Cloud

Diterbitkan tanggal 22 July 2016 oleh michael

Ketika sampai pada kesimpulan untuk mengadopsi komputasi awan/cloud computing, ada satu isu yang kerap terlewat yang seharusnya bisa diantisipasi demi memangkas waktu implementasi. Beban kerja aplikasi (application workload) memiliki perilaku yang berbeda-beda pada dasarnya, beberapa praktisi IT memilih untuk mengkonfigurasi sebelum migrasi ke cloud, beberapa lainnya melakukan setelah migrasi.

Namun jika tidak memutuskan untuh memodifikasi, mungkin Anda tidak sepenuhnya mendapatkan keuntungan dari beberapa fitur alami cloud yang bisa mendongkrak kinerja sistem. Namun pada akhirnya jika Anda memodifikasi pun Anda harus merelakan beberapa faktor portabilitas dari aplikasi. Lalu muncul pertanyaan: apakah mungkin untuk migrasi tanpa harus memodifikasi aplikasi? Jawabannya mungkin saja, dengan melakukan beberapa test berikut ini:

Apakah data terpisah dengan aplikasi?

Jika data dan aplikasi menjadi satu kesatuan, maka Anda tidak dapat menjalankan data dan aplikasi di ruang kerja yang terpisah. Mereka harus dipisahkan terlebih dahulu sebelum mereka pindah ke public cloud, di mana distribusi beban kerja menghasilkan keuntungan untuk kinerja dan kehandalan.

Apakah aplikasi terikat dengan security framework yang lama?

Terkadang, keamanan yang dilakukan secara hard-coding ke dalam aplikasi bukanlah sebuah masalah tersendiri - kecuali jika model usang yang justru beresiko. Itulah sebabnya pendekatan keamanan harus dipisahkan dari aplikasi, tetapi masih saling terintegrasi. Pendekatan ini akan memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk secara proaktif memperbarui keamanan.

Apakah aplikasi dirancang dan tersedia untuk multiplatform dengan kokoh?

Isu dasarnya adalah aplikasi itu sendiri, jika dirancang dengan baik maka akan berjalan dengan baik pula, di manapun aplikasi itu berada. Yang kerap bermasalah ialah jika sebuah aplikasi dirancang dengan kurang kokoh adalah tak hanya di cloud, aplikasi-aplikasi tersebut juga lemah di manapun. Jika tidak dirancang dengan baik, Anda perlu mendesain ulang dan recode sebelum memindahkan aplikasi-aplikasi ke public cloud.

-

sumber: InfoWorld

Tags: cloud computing, migration