Blog

​Infrastruktur Cloud Yang Menjadi Solusi Keperluan Dinamis

Diterbitkan tanggal 13 June 2016 oleh michael

Menanggapi kepentingan bisnis dewasa ini, infrastruktur telah menjadi tumpuan dari laju perusahaan terutama untuk mereka yang bergerak di bidang teknologi maupun digital. Dinamika yang mewarnai mencerminkan gerak cepat bagaimana industri ini beroperasi penuh inovasi. Infrastruktur teknologi yang ada turut menawarkan solusi komputasi awan sebagai alternatifnya.

“Infrastruktur di era teknologi jelas sangat penting, tanpa infrastruktur tidak ada yang bisa kita lakukan dong. Tapi kalau digabung menjadi infrastruktur awan, maka jawabannya jadi sedikit berbeda. infrastruktur awan hanyalah salah satu alternatif penyediaan infrastruktur, jadi jelas ada solusi alternatifnya. Namun, secara spesifik infrastruktur awan adalah solusi yang paling bagus untuk perusahaan atau keperluan yang bersifat dinamis. Sifat infrastruktur awan yang mudah di-upgrade atau di-downgrade dan pay as you go memungkinkan kita mengatur biaya infrastruktur dengan lebih baik karena bisa disesuaikan dengan perkembangan (atau penurunan!) usaha,” kata CEO Telunjuk.com Redya Febriyanto.

Sebagai situs layanan pembanding harga ternama di Indonesia, Telunjuk.com jelas memiliki kebutuhan untuk melayani penggunanya setiap saat. Apalagi tuntutan untuk melakukan agregasi daftar barang dari berbagai situs e-commerce dengan segera, Telunjuk.com sudah tentu ingin terus menjaga ketersediaan layanannya dan mengharapkan penanggulangan gangguan dalam hitungan menit saja.

Hal itu juga yang diucapkan Redya bahwa bisnis digital memiliki kedinamisan dan kecepatan yang menjadi daya tariknya, “Dua hal inilah yang paling disentuh oleh layanan infrastruktur cloud. infrastruktur awan yang benar haruslah bisa mengikuti kebutuhan bisnis dengan cepat. Jadi kalau ada infrastruktur awan yang tidak bisa mengikuti perkembangan bisnis dalam hitungan hari atau jam, lupakan saja.”

Telunjuk.com sendiri sejauh ini didukung oleh penyedia layanan komputasi awan terbaik di Indonesia, yakni CloudKilat. Dengan jaminan uptime 99%, Redya mengakui berhasil menemukan ekspektasi dari apa yang seharusnya infrastruktur komputasi awan tawarkan.

“Sangat membantu, saat ini Telunjuk.com sendiri menggunakan infrastruktur awan dengan dua tujuan tersebut, kedinamisan dan kecepatannya. Dan terbukti dari berbagai kesempatan layanan awan yang kami gunakan yakni CloudKilat, mampu mengikuti kebutuhan Telunjuk.com dalam hitungan jam bahkan menit. Sehingga layanan umum Telunjuk.com tidak terganggu,” papar Redya.

Bagi Redya, layanan cloud hosting yang baik ialah yang fleksibel dan mampu menyesuaikan kebutuhan penggunanya dengan segera. Hal-hal seperti birokrasi mengenai perubahan tersebut juga bisa menjadi pertimbangan, karena jika tiap perubahan harus melalui proses birokrasi yang kaku dan berliku maka hal tersebut hanya akan menunda implementasi yang tentunya merugikan usaha.

“Ekspetasi utama terlihat dari brandnya Kilat! jadi seharusnya semua lebih cepat secepat kilat. dan itu ternyata terbukti setelah dijalani, layanannya bisa dibilang yang paling cepat di tingkat Indonesia,” ucap Redya tentang CloudKilat.

Tags: redya febriyanto, telunjuk.com, cloud hosting